Rabu, 03 April 2013

Membuat fan page facebook untuk blog

Setelah berhasil membuat fan page facebook untuk blog saya, yaitu Blog Masjid Seluruh Alam, selanjutnya saya ingin membuat kolom komentar untuk fanspage facebook di bawah setiap artikel atau postingan di blog itu.
Lalu bagaimana caranya membuat kolom komentar facebook di blog itu? Sebenarnya facebook telah memberi penjelasan bagi kita untuk itu. Akan tetapi mungkin kita masih tidak begitu jelas akan petunjuk facebook. Ini seperti yang saya alami sendiri. Setelah mencoba beberapa kali saya barulah saya berhasil membuat sebagaimana yang saya inginkan.
Cara Membuat Kolom Komentar Facebook di Blog
Berikut cara yang saya lakukan untuk membuat kotak komentar facebook di blog saya menggunakan blogspot. Cara ini berguna bagi yang sudah membuat fan page facebook.
Pertama tentu saja login ke akun facebook saya, login dengan username dan password yang benar, kemudian langsung saja buka alamat https://developers.facebook.com/docs/plugins/. Itu adalah cara ringkas dan cepat untuk kita dalam membuat kotak komentar facebook di blog.

Selanjutnya pilih Comments. Sehingga akan nampak seperti gambar di bawah (tanpa garis kotak merah).

Cara Membuat Kolom Komentar Facebook di Blog www.duan.web.id


Pada URL to comments on (?) kita isi dengan halaman fan page facebook yang telah kita buat sebelumnya. Pada contoh saya adalah : https://www.facebook.com/pages/Masjid-Seluruh-Alam/109466815905418. Jika alamatnya benar akan muncul logo dan tampilan kotak komentar seperti yang saya garis kotak merah.

#Perhatian# Jangan memasukkan alamat blog pada isian URL to comment on (?). Mengapa? Karena sebenarnya komentar itu akan dikirimkan/ditujukan pada halaman fan page facebook dari blog kita. Bukan untuk blog kita. Apabila kita isi dengan alamat blog kita, misalnya http://telukmesjid.blogspot.com. nanti komentar tidak akan muncul di halaman Fan Page Facebook Blog kita.

Isian Width sesuaikan dengan lebar kolom artikel di blog, saya ganti jadi 850. Lalu Number of Post masukkan terserah berapa posting yang hendak ditampilkan (pada kasus saya ini saya biarkan saja 10). Dengan Color scheme, kita bisa memilih tampilan kotak komentar, yaitu light atau dark, sesuaikan dengan tampilan blog. Light bila latar belakang artikel blog kita terang, dan dark bila latar belakang artikel blog kita gelap, misalnya hitam.

Bila sudah dirasa cocok, terakhir klik Get Code, sehingga muncul tampilan:

Cara Membuat Kolom Komentar Facebook di Blog www.duan.web.id 2

Copy script pada nomor 1,

Lalu masuk ke akun Blogger saya, Pilih Template, Pilih Edit HTML

Cari </head> dengan bantuan Ctrl F
masukkan Code Script nomor 1 tepat di bawah </head>

Save template.

Kemudian centang Expand Widget Templates

cari ; <div class='post-footer-line post-footer-line-3'><span class='post-location'>

Copy/masukkan Code Script nomor 2 tepat di bawah <div class='post-footer-line post-footer-line-3'><span class='post-location'>  , sehingga bentuknnya menjadi :

<div class='post-footer-line post-footer-line-3'><span class='post-location'>
<div class="fb-comments" data-href="https://www.facebook.com/pages/Masjid-Seluruh-Alam/109466815905418" data-width="850" data-num-posts="10"></div>

Terakhir Save template. dan lihat hasilnya dengan membuka URL salah satu postingan blog. Pada contoh saya tampilannya adalah sebagai berikut:

3 Cara Membuat Kolom Komentar Facebook di Blog www.duan.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar